Monday, May 28, 2007

Seberapa Besar Usaha Anda Untuk Membuat Customer Berkata WOW

Kesuksesan Customer service adalah dengan menciptakan pengalaman yang tak ternilai di mata customernya. Semua yang diinginkan customer bisa diantisipasi, system yang ada bekerja dengan semestinya, karyawan yang terlatih, maka hal ini bisa disimpulkan bahwa perusahaan dapat berjalan lanmcar tanpa gangguan. Tapi apa yang terjadi bila hal yang tidak diinginkan terjadi?? Misalnya sorang customer yang mempunyai permintaan yang diluar dugaan, atau mereka yang tidak mengerti tata cara aturan yang ada di perusahaan kita. Semua hal yang sama sekali tidak kita duga tersebut akan bisa kita siasati dengan cara yang memungkinkan untuk kita bias sedikit longgar dengan aturan yang ada, atau me ngembangkan system yang telah berjalan dengan baik di perusahaan kita, atau bahkan melupakan system yang ada dan buat customer berkata WOW.
Untuk sebuah perusahaan yang sudah memiliki system yang sangat mapan dan handal, tujuan mereka selanjutnya adalah membuat customer mereka berkata WOW dan berdecak kagum, dengan cara menangani suatu hal yang tidak diduga itu dengan lebih kreatif. Dapat dilihat bahwa suatu perusahaan yang bisa dan telah mempraktekkan dengan sukses bagaimana menjadi customer service yang kreatif, sebenarnya mereka mempuyai dua hal kesamaan diantara mereka.
Pertama adalah bahwa mereka sangat perhatian dengan customernya. Dari mulai top managementnya, sampai dengan setiap karyawan yang bekerja di perusahaan itu sangat peduli dengan customernya, Mereka sangat peduli dan senang melakukan perbuatan untuk menolong menyelesaikan permasalahan orang lain. Atau dengan kata lain, dengan tidak menolong orang lain yang mengalami kesuitan berarti sama dengan menyakiti orang tersebut. \Pertanyaan yang timbul selanjutnya adalah, Seberapa besar perusahaan anda peduli dengan customernya? Atau seberapa besar anda peduli dengan customer anda??
Persamaan yang kedua adalah bahwa karyawan memiliki kewenangan. Yang dimaksudkan disini adalah bahkan apabila seseorang itu sudah memiliki rasa peduli yang besar, apabila ia tidak punya kewenangan yang cukup, maka hal itu sama saja tidak ada gunannya. Sebagai tambahan adalah, seorang karyawan yang mungkin kurang mempuyai kepedulian terhadap customernya mungkin saja melakukan sesuatu yang kreatif dan innovatif kepada customernya hanya untuk melatih dan mempraktekkan kewenangan yang dia miliki. Lalu, apakah anda mempunyai kewenangan yang cukup untuk membuat hal yang kreatif??
Dengan segala kecanggihan dalam technology yang terimplementasi dalam perusahaan anda, melakukan tugas dan kewajiban anda dengan baik saja kuranglah cukup untuk membedakan anda dengan yang lain. Pemenang sebenarnya adalah mereka yang bersedia membuat customernya berkata WOW sambil berdecak kagum

No comments: